Aksi Solidaritas untuk Palestina, Siswa MTsN 1 Rembang Gelar Donasi Kemanusiaan

KOTAK AMAL: Civitas MTS Negeri 1 Lasem menggalang dana untuk Palestina usai sholat ghaib di halaman sekolah setempat, Jumat (17/11/2023). (R. Teguh Wibowo/Harianmuria.com)

KOTAK AMAL: Civitas MTS Negeri 1 Lasem menggalang dana untuk Palestina usai sholat ghaib di halaman sekolah setempat, Jumat (17/11/2023). (R. Teguh Wibowo/Harianmuria.com)

REMBANG, Harianmuria.com – Ratusan siswa dan guru MTsN 1 Rembang menggelar sholat ghaib di halaman sekolah stempat, Jumat (17/11/2023). Sholat ghaib ditujukan bagi 11 ribu lebih warga Palestina yang meninggal dalam perang Israel-Hamas.

Usai melaksanakan salat ghaib, para siswa menggelar aksi solidaritas bagi warga Palestina dengan menggalang donasi.

Kepala sekolah MTs Negeri 1 Rembang Akhmad Suhadak Solikin menyampaikan, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan rasa empati dan sosial para siswa terhadap kondisi Palestina.

“Mempunyai jiwa sosial, biar anak mempunyai jiwa saling tolong-menolong, mendoakan dan merasakan beratnya hidup di dalam peperangan,” terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya menuturkan kegiatan ini juga memacu rasa syukur siswa dan guru. Adapun donasi yang terkumpul sejumlah Rp 6,2 juta.

“Ada 914 siswa yang mengikuti, ditambah ada Bapak Ibu guru 72 orang,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Seksi Madrasah dan Pendidikan Agama (Kasi Mapenda) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang, Sya’dullah mengatakan, sedikitnya 85 lembaga pendidikan di bawah naungan Kemenag yang telah menggelar aksi donasi untuk Palestina.

Dikatakannya, sejauh ini donasi yang terkumpul Rp 116.721.400. diperkirakan donasi akan bertambah hingga batas waktu pengumpulan 27 November mendatang.

“Donasi nanti dikoordinir masing-masing satuan kerja, dan disetor ke kantor Kementerian Agama melalui rekening Kementerian Agama Kabupaten. Kemudian disetor ke rekening bantuan sosial di Kanwil. Dari Kanwil nanti akan disalurkan ke Palestina,” terangnya.

Dirinya berharap, penyerahan bantuan untuk Palestina tidak hanya satu kali saja. Namun bisa terus berlanjut menjadi beberapa tahapan. (Lingkar Network | R Teguh Wibowo – Harianmuria.com)

Exit mobile version