FPTI Pati Gelar Seleksi POPDA Panjat Tebing Tingkat Kabupaten 2023

Foto bersama FPTI Pati bersama dengan peserta POPDA Panjat Tebing. (Istimewa/Harianmuria.com)

Foto bersama FPTI Pati bersama dengan peserta POPDA Panjat Tebing. (Istimewa/Harianmuria.com)

PATI, Harianmuria.com – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pengurus Kabupaten Pati menyelenggarakan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) cabang olahraga panjat tebing pada Selasa (14/3) di Arena Wall Climbing Stadion Joyokusumo.

Organisasi yang menaungi olahraga panjat tebing di level kabupaten ini tidak hanya sekali menyelenggarakan event serupa.

“Ini merupakan POPDA yang diselenggarakan untuk kedua kalinya bagi olahraga panjat tebing. Pertama kali diselenggarakan tahun lalu pada bulan Juni 2022 dengan masih menerapkan protokol kesehatan. Butuh perjuangan baik di tingkat nasional maupun daerah untuk sampai tahap supaya Panjat Tebing bisa masuk cabang yang dipertandingkan di POPDA,” tutur Ketua Umum FPTI Pati, Agus Armanto.

Agus Armanto menjelaskan, event POPDA merupakan kegiatan rutin tahunan naungan Dinas Pemuda dan Olahraga yang dalam tingkat kabupaten ini dikelola oleh Dinporapar Pati. Oleh karenanya, kegiatan ini diharapkan agar menjadikan olahraga panjat tebing bisa lebih dikenal terutama di dunia pendidikan.

“Di Jawa Tengah, cabor (cabang olahraga) panjat tebing merupakan salah satu cabor unggulan, banyak atlet yang Juara Dunia dan memecahkan rekor pemanjat tercepat dunia berasal dari Jawa Tengah, seperti Aris Susanti, Alfian M Fajri dan Kiromal Khatibin. Kedepannya kami juga berharap panjat tebing bisa menjadi cabor unggulan di kabupaten Pati,” tambahnya.

Peserta POPDA Panjat Tebing saat menerima arahan. (Istimewa/Harianmuria.com)

Sementara menurut Ketua Panitia POPDA Panjat Tebing 2023, Ismadi, event tersebut diadakan sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi POPDA tingkat provinsi yang akan dilangsungkan pada Juni 2023 mendatang. Disamping itu, terdapat 6 kategori kejuaraan POPDA Panjat Tebing yang dipertandingkan kali ini, yaitu Lead Pelajar Putra SD/SMP/SMA dan Lead Pelajar Putri SD/SMP/SMA.

“Meskipun dengan keterbatasan waktu dan anggaran, kami berusaha agar event ini tetap jalan dengan menggandeng berbagai sponsor. Untuk saat ini yang masuk ada dari Eiger Store Pati, Torista, Brown Stiker dan Cuzzz Delivery. Publikasi dan promosi kami menggandeng juga berbagai media partner, mulai dari  Harian Muria, Lingkar News, Lingkar TV dan lainnya,” terangnya.

Sebelumnya, FPTI Pengurus Kabupaten Pati membuka pendaftaran peserta POPDA Panjat Tebing pada 4 Matet 2023 yang berakhir 13 Maret 2023 pukul 23.59 WIB melalui link resmi di https://fptipati.or.id/popda2023/. (Lingkar Network | Harianmuria.com)

Exit mobile version